Review Motor Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R mencuri perhatian kala tampil di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Sosok ninja 250 cc yang selama ini dikenal dengan konfigurasi 1 atau 2 silinder, kini bermuatan 4-silinder.

Menjanjikan performa performa impresif, apalagi teraplikasi di mesin seperempat liter. Tak sepenuhnya baru, mengingat pada 1989 Geng Hijau pernah merilis Kawasaki ZXR-250.

Salah satu kuda besi kompetitif kala itu. Berkat jantung mekanik DOHC 4-silinder yang dimiliki, ia mampu mengail daya 45 Hp / 15.ooo rpm dan torsi 25 Nm / 11.500 rpm.

Motor Kawasaki Ninja ZX-25R, Motor Keren Keluaran Terbaru

Secara garis besar, DNA itu juga mengalir pada Ninja ZX-25R. sama-sama berbekal jenis mesin dan silinder serupa.

Walau terdapat benang merah, nyatanya itu merupakan kesamaan yang dapat kita temui pada keduanya.

Sematan ragam inovasi menjadikan Ninja 4-silinder lebih buas ketimbang sang pendahulu. Tenaganya saja mencapai 50,2 Hp. Sementara untuk momen punter maksimal tembus 22,9 Nm, dijangkau pada putaran mesin 15.500 rpm.

Performa demikian juga sudah bisa rasakan oleh konsumen di Tanah Air. Rasanya tak menyurutkan rasa ingin tahu khalayak sosok asli Kawasaki Ninja ZX-25R.

Bahkan penawarannya terbilang menarik, karena dijual dengan harga mulai rp 96 juta, untuk tipe non-ABS.

sedangkan untuk tipe termahal berpelengkap ABS, dipatok 112,9 juta. Pre-order unit ZX-25R pun sudah dibuka mulai 11-12 Juli 2020, khusus untuk pembeli di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang.

Varian

Kawasaki Ninja ZX-25R hadir di Indonesia dengan 2 tipe (Non-ABS) dan Special Edition(ABS SE). Tipe SE memiliki tambahan grafis warna serta beberapa fitur dan aksesoris

Antara lain: rem ABS, KQS dua arah, pillion seat cover/single seat cover, smoke windshield, frame slider, dan wheel rim tape.

juga soal pilihan warna, tipe yang satu ini sangat variatif dengan ketersediaan pilihan Lime Green/Ebony, Metalic Sppark Black/Pearl Flatdust White dan Candy Plasma Blue/Metallic Spark Blue. Dengan harga sebesar Rp 112,9 juta.

Pilihan itu tidak dapat ditemui pada ZX-25R standar yang hanya menyediakan satu warna (Metallic Spark Black) saja.

Cuma minus ABS dan aksesori, konsumen dapat meminangnya dengan banderol jauh lebih murah yaitu Rp 96 juta saja.

Desain Kawasaki Ninja ZX-25R

Sekikas memang tak ubahnya dengan Ninja 250 versi 2-silinder. Sebut saja pengaplikasian dual headlamp jenis LED berbentuk meruncing.

Bedanya system penerangan ZX-25R kedapatan DRL pada sudut terbawah rumah lampu. Perbedaan mencolok juga terlihat adanya pipa udara di bagian atas sistem penerangan.

Lalu bentuk windshield yang lebih landau dan spion pendek. Menegaskan karakter sporty-nya. Ditambah lagi padu padan cover bodi nan aerodinamis dibawah penerangan utama serta penyelarasan bentuk sepatbor dengan lancip.

Di bagian samping, bodi ZX-25R tak sepenuhnya tertutup. Tentu, pabrik sengaja ingin mengekploitasi rangka trellis high tensile steel. Termasuk pula pemilihan knalpot underbelly untuk menonjolkan swingarm model banana.

Kendati begitu, rasanya tidak ada perubahan yang signifikan menyoal posisi berkendara. seperti halnya Ninja 2-silinder, versi 4-silinder juga menggunakan setang clip-on, foot step ala motor sport dan jok model bertingkat.

Bedanya cover tangka bensin kepunyaan ZX-25R terasa memudahkan buat peruntukan balap. Hanya saja bobotnya sangat berat. Total ZX-25R segemuk 182 kg (tipe ABS), belum lagi jika tangka dipasok volume bensin maksimal 15 liter.

ZX-25R masih ideal jika disandingkan dengan pesaing sport 250cc lain. Ia juga menjadi petarung paling rendah karena punya jarak terendah 125mm. Lagi-lagi, competitor selevel masih lebih tinggi darinya.

Leave a Reply