Apakah kalian pernah mendengar istilah “sunmori”? Untuk para anak komunitas motor atau bahkan pecinta motor pastinya sudah tak aneh lagi dengan istilah sunmori. Tapi sebenarnya apa sih Sunmori itu?

Entah siapa yang memulai duluan, tapi belakangan istilah ”Sunmori” kerap dipakai biker dan para anggota komunitas motor tertentu. ”Sunmori” sendiri merupakan singkatan dari Sunday Morning Ride alias kegiatan berkendara menggunakan motor pada Minggu pagi yang sudah populer di Indonesia sejak beberapa tahun lalu.

istilah sunmori

Kenapa harus berkendaranya di hari Minggu? Menurut beberapa informasi yang dikumpulkan dari anggota komunitas motor, ide sunmori ini pertama kali tercetus karena kerisauan para bikers yang merasa agak kurang nikmat berkendara menggunakan motor di kota-kota besar. Terasa percuma membeli sepeda motor mahal yang memiliki kapasitas mesin besar, namun tidak dapat menikmatinya. Hingga akhirnya para bikers pun menetapkan hari Minggu untuk berkendara bersama dengan yang lainnya karena pada hari Minggu pagi jalanan di kota besar terasa lebih lenggang. Jadi, mereka dapat menikmati berkendara dengan motornya tanpa harus merasakan macet seperti yang dirasakan pada hari kerja biasanya.

Tak cuma untuk merasakan sepinya jalanan pagi, sunmori juga acap kali dimanfaatkan para bikers sebagai wadah mencari sahabat baru dan bergabung ke klub motor supaya kian lancar menyalurkan hobi mereka, berkendara dengan roda dua. Kecuali itu, kini banyak peminat sunmori yang menyelingi kesibukan bermotor mereka dengan kesibukan sosial seperti membagi-bagikan makanan di jalan pada ketika sunmori.

Meski mayoritas peminat sunmori yaitu kalangan remaja tapi terdapat juga peminat kesibukan ini yang sudah berusia 40-50 tahun. Tentu dengan gaya berkendara yang berbeda dengan para remaja, tapi konsisten di atas aspal yang sama.

Lazimnya sunmori dicontoh oleh pengguna motor-motor sport atau motor besar (moge) sebab cuma pada hari Pekan pagi mereka dapat merasakan udara segar dengan menerapkan motor besar mereka. Tetapi kecuali motor-motor sport tak ada larangan juga bagi para pengguna motor kecil untuk dapat menikmati nikmatnya sunmori ini dengan catatan seharusnya menerapkan perlengkapan keselamatan berkendara cocok ketetapan seperti helm.

Namun memang tak ada batasan atau aturan khusus dalam kegiatan sunmori ini, segala kalangan dengan semua tipe motor bisa menyalurkan hobi mereka ketika sunmori. Para pengendara biasanya telah memiliki klub tersendiri yang sesuai dengan aliran mereka, seperti Komunitas Motor Besar Indonesia(MBI), Harley Davidson Club Indonesia(HDCI), Team Arogan, dan lainnya.

Meskipun sunmori merupakan kegiatan berkendara yang menyenangkan namun tidak menutup kemungkinan banyak pengendara yang malah menyalahgunakan kegiatan ini untuk menunjukan kebolehan bermotor mereka dengan cara yang salah. Tidak jarang pemotor tersebut melakukan aksi balap liar di jalanan umum sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.

Nah, untuk kalian yang mulai tertarik untuk mencoba slot online kegiatan sunmori kami menyarankan kalian untuk mempersiapkan peralatan keselamatan berkendara. Mulai dari helm, celana panjang, jaket sebagai pakaian berkendara, hingga menggunakan sepatu. Jangan juga terlalu terbawa suasana sepi sehingga menyebabkan kalian kebut-kebutan di jalan, nantinya kegiatan sunmori malah bisa berubah menjadi sunmorace. Tetap berhati-hati di jalan!