Honda CRF150L, Motor Trail Murah Dengan Berbagai Fitur

Honda CRF150L merupakan motor trail termurah yang dipasarkan oleh PT Astra Motor Indonesia. Tersedia hanya satu varian, dengan harga Rp 31,8 juta.

Motor ini ditujukan untuk siapa saja terutama yang berminat dengan petualangan. Bodinya ramping dan bobotnya hanya seberat 122 kg sehingga sangat mudah dikendalikan.

Ditambah lagi dengan penggunaan suspense depan upside down ukuran 37 mm yang bisa membuat rasa berkendara lebih stabil di segala medan.

Review Lengkap Honda CRF150L

Motor ini memiliki sektor mesin yan dilengkapi dengan kapasitas 149,15 cc SOHC Silinder. Pabrikan perlambang sayap ini memberikan jantung mekanis yang mampu menghasilkan kemampuan maksimalnya di putara mesin rendah dan menengah.

Komponen ban pacul berukuran 2,75 – 21 inci di depan dan 4,1 – 18 di belakang ini memaksimalkan cengraman di tanah.

Ditambah lagi ada sistem pengereman yang menggunakan cakram gelombang di kedua rodanya. Ukuran cakram depan ini sebesar 240 mm dan belakang 220 mm.

Honda CRF150L juga dibekali dengan berbagai teknologi modern. Panel instruman digital berbentuk ringkas salah satunya.

Kemudian ada penggunaan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Banyak orang Indonesia yang percaya bahwa karburator paling cocok untuk oenggunaan off-road.

Namun nyatanya, karburator sudah ditinggalkan saat ini. Berbagai motor trail dari berbagai pabrikan lain sudah menggunakan injeksi.

Menurut Honda, teknologi injeksi punya keuntungan lebih mudah beradaptasi di segala kondisi cuaca, irit, dan punya daya kerja stabil.

Motor ini juga bisa  digunakan di jalan raya karena memiliki lampu depan, sein, rem, dan spion. Namun kemampuan berkendara di jalan aspal masih dipertanyakan karena ban pacul yang dipakai sebagai standar.

Desain

Bodi rampingnya dibalut dengan warna merah serta dikombinasikan dengan warna putih pada sayap dan kover lampu depan. Suspensi depannya disepuh emas sehingga tampil mentereng.

Ground clereancenya cukup tinggi, 285 mm. cukup untuk melewati jalan dengan kontur beragam. Bobotnya cukup ringan dengan berat 122 kg.

Selain itu, motor ini juga punya segudang fitur untuk menunjang kemampuan off-road. Seperti ban pacul, suspensi depan upside down berdiameter 37 mm, velg besar berbahan aluminuium, dan rem cakram bergelombang di kedua rodanya.

Fitur lain yang dimilikinya adalah panel instrument digital kompak. Panel ini memberi informasi sebatas kecepatan, jarak perjalanan, dan kapasitas bahan bakar.

Honda juga melengkapinya dengan informasi posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan lain-lain.

Berbagai penyesuaian juga bisa dilakukan oleh pengendara, missal stang depan yang diatur ketinggiannya dalam dua pilihan.

Kemudian sepatbor belakang dan karet pijaka kaki bisa dicopot untuk penunggang yang lebih aktif. Sampai dengan tempat penyimpanan rahasia di sisi kiri bodinya.

Mesin & Konsumsi BBM

Honda memberik jantung mekanis berkapasitas 149,15 cc satu silinder SOHC. Mesin ini bisa memberikan torsi puncak 12,43 Nm pada 6,500 rpm serta tenaga maksimal 12,91 PS pada 8.000 rpm.

Honda juga mengklaim bahwa mesin motor ini irit konsumsi bahan bakar. Karena penggunaan sistem penyemprotan injeksi.

Mereka juga mengklaim bahwa depot dayanya mampu mengehamt sampai 39 Kpl melalui metode pengetesan ECE R40 dengan bahan bakar Euro3.

Itulah ulasan lengkap mengenai motor keluaran Honda, Honda CRF150L. Harganya yang lumayan mahal ternyata memang diimbangi dengan berbagai fitur dan kualitas yang diberikan.

Memang, Honda tak pernah meleset dalam memberikan keluaran terbarunya untuk masyarakat.

Leave a Reply