Aerox 155VVA, Motor Kaya Fitur Dengan Mesin Bertenaga

Pada ajang Indonesia Motorcycle Show 2016, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing meluncurkan pembenahan besar-besaran di Aerox.

Model yang sebelumnya dikenal dengan mesin 125 cc dan pamornya tak terlalu bersinar ini, mendapat penyegaran yang membuatnya kaya akan fitur dan menggendong mesin lebih bertenaga, namun lebih efisien.

Kini, Aerox 155VVA memiliki varian tambahan, yaitu R-Version Livery Movistar Yamaha MotoGP. Varian ini memiliki kelir dan decal khas tunggangan Valentino Rossi di Moto GP.

Ulasan Lengkap Aerox 155VVA

Motor ini merupakan model global dan debut dunianya yang dilakukan pada 30 Oktober di Sepang Malaysia. Model teranyar ini menyapa Indonesia dalam 3 varian, Aerox 155VVA, Aerox 155VVA R-Version dan Aerox 155VVA S-Version.

Harga yang dirilis pun cukup menarik karena Aerox kini jadi berpindah kelas, jika sebelumnya ia bertarung dengan Vario, kini ia memilih lawan Vario 150.

Dibanderol mulai Rp 21,9 juta dan disajikan dengan pilihan fitur standar, sedangkan varian dengan fitur terlengkap dilego Rp 26,5 juta.

Fitur

Fitur yang boleh dibilang tercanggih yang bisa ditemukan dari motor Yamaha yang dijual umum di Indonesia adalah Smart Key System (SKS).

Fitur ini hadir pada varian tertinggi Aerox yang memungkinkan pemilik motor tak perlu lagi memasukkan anak kunci untuk mengunci dan menyalakan motor.

YIMM hanya menyediakan sebuah remote yang berfungsi untuk mengakses alarm, dan sensor akan aktif mendeteksi remote.

Saat remote terdeteksi, pemilik bisa membuka kunci setang dan menyalakan motor lewat tuas yang terdapat di bawah setang.

Aplikasi teknologi ini tentu bukan saja meningkatkan keamanan motor namun juga kenyamanan penggunaan.

Teknologi ini terbilang baru di industry motor tanah air. Di ajang IMOS, ada dua motor yang diluncurkan dengan teknologi ini, yaitu Aerox 155VVA dan Suzuki GSX-R 150.

Desain

Untuk eksteriornya, kalian perlu melupakan paradigm tentang Aerox yang sudah lebih dulu meluncur dengan mesin 125 cc.

Pasalnya, motor ini menggunakan rancang bangun yang berbeda dengan Aerox 125. Bagian eksterior Aerox dihadirkan dengan tampilan yang sporti, tidak seagresif Aerox 125, namun tetap memberikan tampilan yang atraktif.

Aerox terbaru ini dikenal di pasar gobal dengan NVX, yaitu motor skutik yang berbagi basis dengan skutik maxi, NMax.

Karena itu, lokasi tangka bahan bakar Aerox 155VVA pun terletak di bagian depan pengemudi tepatnya di antara dua lutut, bukan di bawah rider seperti Aerox 125.

Di bagian depan motor ini sudah menggunakan lampu depan LED berdesain tajam dan tipis dengan sein yang diletakkan di bagian sisi bodi.

Lampu buritan juga disiapkan dengan skema LED yang hemat daya. Riding Position Aerox juga tak beda jauh dengan NMax, posisi tangan dan kaki lebih nyaman dibanding membawa skutik yang ukurannya lebih kecil, meski memang tak senyaman NMax.

Maklum saja, Aerox memiliki dimensi yang lebih panjang 35 mm dari NMax. Bahkan ruang bagasinya juga mampu menyimpan helm, dengan daya angkut total 25 liter.

Bahkan YIMM menyebutkan fitur electric power socket juga tersedia, pasalnya Aerox memiliki laci tertutup di bagian depan sehingga peranti bisa disimpan dan diakses lebih mudah.

Pengendalian & Pengendaraan Yamaha Aerox 155VVA

Untuk kaki-kakinya, Aerox menggunakan bah yang lebih besar dan lebih besar dibanding NMax. Roda depannya ditunjang oleh ban berprofil 110 / 80 R14.

Sedangkan roda belakang diberikan profil 140 / 70 dengan ring 14. Sispensi bagian belakang pun menganut Swing Arm dengan suspense belakang ganda seperti NMax. Sedangkan penyalur tenaga ke rodanya menggunakan Transmisi CVT.

Itulah ulasan lengkap mengenai Yamaha Aeroc 155VVA. Tertarik membelinya?

Leave a Reply